Siapakah Orang yang Paling Disukai Umar bin Khattab RA?

katamutiara-orang-yang-paling-aku-sukai-oleh-umarbinkhattab
Umar bin Khattab adalah khalifah ke-2 sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Beliau seorang yang adil terhadap rakyat dan tegas terhadap kedzaliman. Tak heran jika syetan pun takut kepada dirinya. Diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar”.

Tidak hanya tegas terhadap orang lain yang berbuat salah, terhadap keluarga dan diri sendiri-pun Umar dikenal tegas. Beliau pernah menghukum cambuk anaknya yang minum khamr. Beliau tidak ingin berat sebelah dalam melaksanakan perintah Nabi SAW. Beliau sangat terbuka menerima kritik dan saran dari para sahabat. Dalam satu riwayat, Umar pernah mengatakan bahwa, “Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.”

Umar sangat senang menghisab dan mengkoreksi diri sendiri sebelum hari penghisaban tiba. Beliau-pun tidak suka jika orang lain berlaku sebagai penjilat, terutama di saat beliau menjadi pemimpin. Oleh karenanya dia sangat menyukai orang yang berlaku adil dan mau menunjukkan kesalahan beliau.