Ini Manfaatnya Jika Kita Rajin Berwudhu’

Wudhu mempunyai makna penting, lebih dari membasuh anggota badan. Dengan berwudhu’, kita memenuhi perintah Allah. Sesuatu yang Allah perintahkan, pasti mengandung banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah:

  1. Menghapuskan dosa dan mengangkat derajat
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda, “Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, maka tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Apabila dia membasuh tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia slesai wudhu dalam keadaan bersih dari dosa-dosa.” (HR. Muslim).

    Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Maukah kalian aku tunjukan kepada sesuatu yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat beberapa derajat?” para sahabat menjawab, “Tentu wahai Rasulullah.” Nabi pun menjawab, “Menyempurnakan wudhu dalam keadaan tidak disukai (baca: seperti cuaca sangat dingin), memperbanyak langkah menuju masjid, menunggu shalat setelah shalat, dan itulah ribath’.” (HR. Muslim)

  2. Bercahaya di hari kiamat
    Orang yang rajin berwudhu akan membuat wajah dan anggota tubuh lainnya yang terkena air wudhu’ bercahaya. Abu Hurairah ra, berkata , “Aku mendengar Rasululah Saw bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

    Nabi Saw bersabda, “Muka dan tangan kalian nanti di hari kiamat berkilauan bekas dari berwudhu.” (HR.Muslim).

  3. Tidurnya orang yang berwudhu didoakan malaikat
    Wudhu sebelum tidur sangatlah penting. Pakar kesehatan selalu menganjurka untuk membersihkan muka, tangan dan kaki sebelum tidur. Dan rangkaian ini terdapat pada wudhu, yang sudah diajarkan Nabi SAW berabad-abad yang lalu.

    Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, “Ya Allah ampuni hamba-Mu si fulan, karena ia tidur dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

  4. Membuat makanan menjadi berkah
    Nabi saw bersabda, “Keberkahan makanan adalah dengan wudhu sebelum dan sesudahnya.” (HR. Abu Dawud).
  5. Badan dan pikiran menjadi rileks
    Saat kita lelah bekerja dan beraktifitas, sangat dianjurkan untuk beristirahat dengan mengambil air wudhu’. Dengan melakukan tahapan-tahapan wudhu’, badan kita menjadi bersih dan pikiran kita menjadi rileks. Wudhu adalah sebuah terapi yang sangat baik. Apalagi jika diikuti dengan sholat.
  6. Mencerahkan kulit wajah.
    Wudhu’ dapat mencerahkan kulit wajah karena dengan membasuh muka, noda-noda yang menempel akan terkikis dan terbuang. Tentunya wajah kita menjadi bersih dan cerah. Bagi yang kulit wajahnya kering, air wudhu’ akan membuatnya menjadi segar. Sedangkan bagi yang mempunyai wajah berminyak, basuhan air wudhu’ akan mengurangi minyak berlebih beserta kotoran-kotoran yang menempel.
  7. Meredam amarah
    Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan cara meredam kemarahan, yaitu dengan berwudhu. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya marah itu dari setan dan setan terbuat dari api. Dan api itu hanya bisa dipadamkan oleh air. Oleh karena itu, jika seorang di antara kamu marah maka berwudhulah.” (Riwayat Abu Daud).