Bahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Ruangan dan Tips Menjemur yang Baik

Saat datang musim hujan, kita biasanya kerepotan untuk menjemur pakaian di luar. Apalagi bagi yang sibuk bekerja di luar rumah, tentunya meninggalkan pakaian di luar saat dijemur bisa beresiko basah lagi karena terkena air hujan. Di samping itu, keterbatasan tempat biasa menjadi alasan bagi kita untuk menjemur di dalam rumah.

Menjemur di dalam ruangan merupakan hal yang praktis. Namun hal itu memiliki dampak bahaya bagi kesehatan. Apa saja bahayanya bagi kesehatan kita jika menjemur pakaian di dalam ruangan tertutup? Berikut ini adalah dampaknya:

1. Kekebalan Tubuh Melemah

Jika Anda terus-menerus menghirup uap udara dari pakaian basah yang dijemur dalam ruangan, maka hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh mengalami infeksi, dan membuat sistem pada kekebalan tubuh menjadi melemah. Uap udara tersebut dalam jangka waktu tertentu bisa menjadi zat berbahaya. Jika dihirup, tubuh akan mudah lelah, batuk, iritasi pada mata, dan sakit tenggorokan.

2. Beracun

Pakain yang terlalu lama dalam keadaan lembab mudah untuk ditumbuhi jamur beracun. Ketika pakaian basah tersebut mengeluarkan uap, seketika itu juga Anda hirup. Biasanya jenis jamur yang ditemukan dalam pakaian basah tersebut dikenal dengan nama Stachybotryschartarum. Jamur jenis ini juga biasa ditemukan di dinding, bingkai jendela, dan lantai yang lembab.

3. Asma

Kadar kelembaban ruangan yang disebabkan oleh pakaian yang dijemur di dalamnya mengakibatkan perkembangan spora, jamur, dan tungau debu yang bisa berakibat buruk bagi pernafasan sehingga menyebabkan asma.

4. Kanker

Kebanyakan orang suka menambahkan pelembut pakaian seusai mencuci. Pelembut yang ada di pakaian tersebut memiliki tingkat Acetaldehydes yang sangat tinggi. Acetaldehydes adalah bahan kimia penyebab kanker.

Tips Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan secara Efektif

Terkadang tak ada pilihan lain saat mau menjemur pakaian. Namun tak usah khawatir, ikuti panduan berikut ini untuk meminimalisir dampak bahaya menjemur di dalam ruangan:

  1. Cuci pakaian di pagi hari sehingga pakaian memiliki sehari penuh untuk dikeringkan. Pengeringan tidak efektif di malam hari, namun jauh lebih efektif pada siang hari ketika ada kehangatan dan cahaya. Mencuci pakaian Anda di pagi hari sebelum bekerja, menggantung mereka, dan pada saat Anda pulang dari kerja, jemuran mungkin siap untuk diambil.
  2. Pastikan ada ruang di antara pakaian-pakaian yang menggantung. Ini mungkin hal yang paling penting untuk memastikan pakaian Anda kering. Jika mereka menyentuh satu sama lain, kelembaban tidak akan terkena udara dan karena itulah jemuran susah kering. Untuk item yang lebih tebal seperti jeans dan handuk, beri ruang dua bar di rak. Untuk item tipis, satu bar biasanya cukup.
  3. Gunakan hanger dan gantungkan di sela-sela ventilasi, lubang angin, dan tempat yang terkena cahaya matahari.
  4. Jika pakaian susah kering, cobalah untuk membaliknya saat setengah kering agar keringnya merata.